Translate

Jumat, 14 Februari 2014

How To make Hotteok - Korean Sweet Fried Pancake


Haii haii kpop lovers, happy valentines day~
Khususnya nih buat yg jomb.. Emm single jangan sedih nih kalau hari ini ga bsa pergi dinner atau ga dapet coklat juga. Mendingan hari ini kita belajar bagaimana caranya ngebuat street snack populer Korea yang manis dan hangat ini jadi bisa menghangatkan hati kita. Hahaha

Sebenernya sih ini bukan pure murni resep dari Scratch, tapi lebih tepatnya adalah ada yang namanya Hotteok Mix, yang dikeluarkan oleh Lotte Mart yang memudahkan hidup  kita. (Click here to see the original reciepe)

Kita mulai bikin ya yuuks!!
Alat yang diperlukan:
1. Mangkuk adon/ baskom kecil
2. Spatula karet
3. Penggorengan anti lengket
4. Spatula kayu
5. Cutting Board

Bahan yang dibutuhkan:
1. Air 180 ml
2. Hotteok mix
3. Tepung terigu ( untung ditabur di meja dan tangan agar tidak lengket)
4. Minyak untuk menggoreng

Cara memasak:

STEP 1 : siapkan air hangat sebanyak 180 ml taruh di wadah atau baskom untuk menguleni adonan. (Air hangat berguna untuk mengaktivasi ragi, agar nantinya adonan mengembang). Setelah 5 menit, tuang premix ke dalam air yang di beri ragi tadi, aduk hingga kalis. Kemudian tutup manguk dan adonan dengan plastic wrap , diamkan 30 menit atau sampai mengembang.


STEP 2: Tuang JAMmix ke dalam mangkuk dan sisihkan.



STEP 3: Sebagai alas untuk menguleni adonan gunakan cutting board atau meja kaca. Taburi dengan tepung terigu di permukaannya agar adonan heotteok tidak menempel.


STEP 4: Setelah adonan mengembang uleni lagi untuk membuang udara yang ada di dalamnya.

STEP 5 : letakan adonan tersebut ke atas cutting board yang sudah dilapisi tepung dan bagi adonan menjadi 8 - 10 bagian sama rata. 

STEP 6 : Ambil salah satu adonan yang sudah di pisahkan tersebut, kemudian bentuk menjadi bulat.

STEP 7 : Tuangkan 1 sendik makan JAMMIX , kemudian seal adonannya. Pastikan filling ya ada di tengak ya, dan buat adonannya dengan rapat. Kalau tidak nanti akan gagal.

STEP 8 : Panaskan wajan anti panas dengan sedikit minyak, kemudian taruh bangian yang baru kita tutup menghadap bawah. Tujuannya agar bagian tersebut mengeras terlebih dahulu dan tidak bocor.

STEP 9 : Setelah bagian bawahnya mengeras, dengan menggunakan spatula, tekan bagian tengah dari heotteoknya hingga pipih, namun hati hati karena heotteoknya bisa bocor. Kalau sampai bocor artinya heotteoknya gagal karena dalamnya tidak akan matang dan gosong deh.

STEP 10 : Setelah kuning kecoklatan, baling hotteoknya, daaannnn taraaa tinggal tunggu kuning kecoklatan deh.

STEP 11 : selamat menikmati Hotteoknyaa~  맛이게 주세요~

Tidak ada komentar: