Translate

Sabtu, 09 Agustus 2014

Gomawo - Korean Restaurant ( review )

Aduhhh, gawat gawat seribu kali gawat! bisa bisa liburan kali ini berat badan makin naik deh, apalagii kalau makin banyak yang ngajakin wisata kuliner.


nah kali ini, g sedang ingin memuaskan hasrat ingin makan makanan korea gw dengan makan korean BBQ! Gomawo, reataurant yang berada di deretan ruko crown PIK ini (sebrang 'suchan' dan disebelah ' tongue and grill ') mengkhususkan diri mereka untuk hidangan BBQ seperti Samgyeopsal atau Pork Belly serta berbagai aneka pilihan daging seperti ayam dan sapi serta beberapa menu lain khas korea.
*ketika memasuki jalur/lorong restaurant ini, kita disambut dengan berbagai dami makanan, kira kira makanan apa aja sih yang disediakan di restaurant ini. haha

Khusus buat kalian yang non muslim nih, siapa sih yang bisa menolak kehadiran dari daging babi atau dalam bahasa koreanya dweji gogi? Khusus di edisi kuliner kali ini, g mau kasih tau kalian tentang sebuah keunikan dari restaurant ini terutama dalam pengolahan samgyeopsalnya. 

Sebenarnya g pernah melihat dimana ada samgyeopsal yang di marinated dengan berbagai bumbu seperti gochujang dan wine di sebuah channel Youtube 'FungBros Comedy' dimana mereka sedang bercerita mengenai makanan korea. 
*suasana restaurant

Kali ini g mau mencoba menu samgyeopsal yang diberi nama 7flavors Samgyeopsal. 7 Flavors Samgyeopsal ini merupakan pork belly dari babi yang di marinated dengan 7 bumbu yang berbeda. ada Garlic, Seaweed, Honey, Gochujang, Herbs, Curry, Wine and cheese. 
*FYI this is 2 person portion for about 400grams Pork Belly.

Dari semua rasa yang tersedia ini, kalau menurut gw sih yang paling terasa perbedaannya adalah yang Herbs, Cheese, dan Curry. Tapi kalau untuk favorite sih Gochujang nomor satu deh. Kalau untuk rasa lainnya sih gak terlalu banyak perbedaan malah terasa seperti tidak memakai bumbu. Seperti yang Garlic sih memang terasa wangi bawang putih dan yang seaweed terasa manis. 


Gak lebgkap rasanya kalau pergi makan di restaurant korea namun tidak disuguhi dengan banchan seperti kimchi, baby potato with sugar glazed, dan lain sebagainya. Seperti yang dapat kalian lihat diatas nih, selain banchan standart seperti igu, di resturant ini juga memberikan kita gyeran chim atau steamed egg yang dimasak berbarengan dengan grill korean barbequed nya. ( lihat cairan kuning di sekitar panggangan ) 
*japchae

Selain 7 Flavors Samgyeopsal, kita juga mencoba Japchae atau glass noodle mixed with beef and vegetables yang menjadi makanan 'wajib' di semua restaurant korea. Rasa dari Japchae ini sebenarnya cukup enak buat gwe. rasaanya manis dan sudah tidak ada bau sayurnya. Namun menurut kakak sepupu saya rasanya terlalu manis dan terasa aneh. 
*dwenjang jigae

Kalau yang 'lagi lagi' pernah g tonton di Youtube kali ini di channel Eat Your Kimchie, Martina bilang kalau gak lengkap rasanya makan samgyeopsal tanpa Dwenjang jigae ini. Maka jadilah dipesan si dwenjang jigae yang satu ini. Seharusnya dari yang g tau sih dwenjang jigae merupakan sup misonya orang korea, tapi entah mengapa kayaknya ada yang salah dengan sayur sup yang satu ini. Pertama menurut g rasanya asin. Kedua, aroma dari anchovy yang dibuat menjadi kaldu terlalu kuat dan terkesan hoeks! Ketiga, kenapa harus terong yang dimasak dan direbus menjadi isian supnya sih?? pokoknya not recomended deh supnya.

Kalau kalian pecinta drama korea, tahu dong pastinya acara membungkus makanan dengan daun selada? nah, kita belajar step step membungkusnya yuk.

1. Ambil 1 buah selada sebagai dasar.
2. Ambil kimchi dan letakan pada tengah daun.
3. Setelah mengoleskan sesikit SSam-Jang ( dipping sauce korea) taruh nasi diatasnya sebagai sealer.
4. Last but not leased taruh deh potongan daging dan bawang putih diatasnya.
5. Ssam bab ( nasi bungkus ) siap meluncur kedalam mulut.


Setiap meja di restaurant ini dilengkapi dengan griller, yang nantinya bakal ditaruh arang bambu untuk memanggang daging pesanan kita. Nah untuk urusan harga sebenarnya standart sama seperti restaurant korea lainnya yang menyediakan BBQ. Tapi, amazingnya adalah pada waktu kita meminta bill datang, 7 Flavors Samgyeopsalnya sedang discount 50%!! Nah, buat kalian yang memang tertarik mencoba korean BBQ, gak ada salahnya deh cobain mampir ke restaurant yang satu ini. Restaurant ini bisa lah menjadi salah satu reverensi makan malam mingguan. hehehe. See ya in the next post!

Tidak ada komentar: